Thursday, December 17, 2009

Google mengembangkan Google Personalize Search (Google Real-Time Search)

Di akhir tahun 2009 ini google mengembangkan sebuah fitur baru dalam mesin pencari google,google menyebut fitur tersebut adalah Google Personalize Search (Google Real-Time Search). Sebenarnya fenomena ini sudah mulai terlihat di mesin pencari google sejak bulan agustus 2009, namun terkadang fitur tersebut aktif dan terkadang tidak aktif. Namun di bulan desember ini google sudah mempublikasikannya di blog mereka.

Ada beberapa hal yang menarik di Google Personalize Search (Google Real-Time Search)
1. Hasil pencarian di sebuah komputer dengan IP Unik, bisa berbeda antara komputer A dan B sedangkan keyword yang digunakan di komputer A dan B sama. Sederhananya seperti ini:
Jika saya membuka google di komputer saya, kemudian mengetik sebuah keyword, misalnya:
artikel komputer

Maka akan terlihat link blog saya : Artikel Komputerku di posisi ke 5 (bisa saja berbeda di komputer anda)

Jika saya membuka /klik link Artikel Komputerku, maka akan direkam oleh cookies browser.



2. Selanjutnya jika saya login ke account google saya (misalnya login ke email gmail, blogger,my space, feedburner, atau layanan milik google lainnya), maka jika saya melakukan pencarian ulang dengan keyword yang sama : "artikel komputer" , maka otomatis link blog saya akan muncul di urutan pertama, hal ini akan terus terekam jika saya tidak menghapus cookies browser (secara default cookies aktif di browser)

Jika hari berikutnya saya melakukan pencarian dengan keyword "artikel komputer", (dengan anggapan cookies tidak saya hapus) maka sekalipun tanpa login ke google account, hasil pencarian akan menampilkan blog saya di urutan pertama.

Google akan menilai ranking link postingan blog berdasarkan densitas (kerapatan/keseringan/frekuensi) link tersebut di klik dalam sebuah komputer.

Silahkan anda mencoba dengan keyword blog anda. Jangan lupa login ke account google



3. Selain di atas ada beberapa fitur pelengkap lainnya yang akan ditambahkan ke Google Personalize Search. ntuk sementara hanya berlaku di situs yang domainnya berkaitan langsung dengan google, atau domain lain yang telah melakukan verify dengan google.

Alasan Google mengubah sistem pencarian mereka:

1. Untuk meningkatkan pebisnis online (advertiser) menggunakan jasa google adword, untuk optimasi SEO. Persaingan google dengan para penyedia layanan SEO komersil akan semakin ketat, dan para praktisi SEO akan bekerja lebih berat lagi untuk mencari pengguna jasa SEO mereka.
2. Mereduksi ketidakkonsistenan google dalam melakukan penataan sistem ranking web/blog, mungkin ini adalah solusi yang ditawarkan google akibat seringnya terjadi jual beli link yang menyebabkan kekacauan dalam penentuan ranking web.

Dengan adanya Google Personalize Search (Google Real-Time Search) yang mungkin akan diterapkan pada blog dengan berbasis wordpress , dan situs lainnya, maka akan membuat praktisi SEO untuk mencari teknik baru dalam optimasi SEO.

Ini adalah oleh-oleh google, sebagai hadiah akhir tahun 2009. Semoga teman-teman dapat teknik seo baru.

0 comments:

Post a Comment

Tips-Trik Maksimalkan Windows?
Klik di sini