Wednesday, January 20, 2010

Menginstal Linux Mandriva


Assalamualaikum, sobat Blogger.. ketemu lagi neeh... sama mamad.. kali ini mamad pengen sharing tentang bagaimana 'Menginstal Linux Mandriva'... Oke, ni dia Postingannya :

Pastinya sobat Blogger semua udah pada tau kan.. salah satu distro Linux : 'Mandriva', Naah.. mari kita bahas Bagaimana Cara Menginstal Linux Mandriva :

-Sebelum kita memutuskan untuk menggunakan Mandriva, ada Spesifikasi minimal yang dibutuhkan agar kita dapat nyaman menggunakan Linux Mandriva, yaitu :

1. Processor: Intel®, AMD atau VIA processor.
2. RAM: minimum 512MB, direkomendasikan 1GB .
3. Hard disk: minimum 2GB, direkomendasikan 6GB.
4. Graphics card: NVIDIA®, ATITM, Intel®, SiS, Matrox,VIA. 3D untuk desktop dibutuhkan NVIDIA GeForce (≥ 8800), ATITM Radeon 7000 hingga HD 3870, atau Intel® i845 hingga x4500HD.
5. 3D acceleration.
6. Sound cards: Semua Sound Blaster, AC97 dan HDA compatible cards. Catatan : Creative Labs X-Fi cards sekarang tidak dapat digunakan.
7. DVD drive (dibutuhkan).
8. SATA, IDE, SCSI, SAS: hampir semua controllers didukung pada mode non-RAID, dan beberapa pada mode RAID.

Apakah spesifikasi PC mu sudah sesuai ??

-Cara Mendapatkan CD Mandriva One 2008.1 Spring :
Download Iso CD Mandriva One 2008.1 Spring CD dari http://www.mandriva.com/en/download, burn menjadi CD bootable.

-Booting Mandriva LiveCD :
1. Set BIOS first boot pada CD/DVD
2. Masukkan CD Mandriva One 2008 Spring pada CD/DVD drive.
3. System akan di-boot dalam live system untuk langsung dapat digunakan uji coba pemakaian linux.
4. Setelah yakin ingin meng-install Mandriva pada hard drive anda, bisa anda lakukan dengan beberapa langkah mudah.

-Oke, ini dia cara Menginstal Linux Mandriva :
1. Pertama, Pilih Bahasa : (English-US).



2. Pilih Negara :



3. Menyetujui lisensi Mandriva.

4. Pilih keyboard layout: (US)

5. Pilih waktu : (lokal)

6. Akhirnya, live desktop dimulai.



7. Menginstal System Pada Hardisk, Untuk menginstal Mandriva One 2008 Spring ke dalam hard disk anda, Klik pada icon Live Install :



8. Akan dijalankan installation wizard. Klik Next:



9. Partisi : (Penting! Lakukan dengan TELITI):
*Default partisi Mandriva adalah “Use free space” (Ini akan menggunakan sisa ruang hardisk anda yang bebas, tidak terpartisi)
*Jika ingin men-set partisi sendiri, pilih “Custom disk partitioning”. Sebelumnya, siapkan sebuah partisi kosong dengan menggunakan Partition Magic (pada windows) atau cfdisk (dengan live cd slax)
*Setelah itu partisi akan dibuat dan diberlakukan! (Ingat, anda dapat kehilangan seluruh isi hard disk, jika salah pada tahap ini!)

10. Pilihan default : (Use free space), Klik next untuk melanjutkan proses instalasi.

11. Sistem sedang diinstal :



12. Konfigurasi bootloader : Pilihan default, sudah ok, klik Next



13. Menu Boot : (secara default sudah ok), Kalau tidak ingin melakukan perubahan, klik Finish.

14. Proses instal selesai. Klik Finish untuk mengakhiri proses instalasi:



-Mencoba Mandriva hasil instalasi:
1. Untuk menggunakan sistem Mandriva hasil instalasi, anda harus reboot dan mengambil CD Mandriva dari CD drive.

Caranya :
Lakukan Log out dari sesi desktop saat ini dengan meng-klik icon merah di pojok kanan bawah (atau KStart – Log out), lalu pilih Restart Computer pada menu yang ditampilkan.

2. Reboot:



3. Pada tahap ini, ambil CD Mandriva dari CD drive lalu tekan



4. Memulai Mandriva Linux 2008 Spring, Pilih Boot Mandriva Linux 2008 Spring pada menu botloader (atau tunggu saja beberapa saat):



5. First Boot (biarkan dan tunggu saja), Selama sesi boot pertama kali, sistem me-nambahkan online repositories pada konfigu-rasinya :



6. Root Password, Isikan password untuk root dan buatlah sebuah user account (misal : mamaders) dan klik Next :



7. Akan ditampilkan wizard “First Time” :



8. Jika anda tidak ingin mengisi detilnya, klik decline :



9. Terakhir, klik Finish untuk keluar dari wizard ;



10. Login ke Desktop Mandriva, Ketik user account anda dan passwordnya, lalu tekan , Anda tidak diperbolehkan menggunakan user “root” pada sesi GUI.



11. Login sebagai user, mamaders :



Oke dahh... selesai, sob... gimana ?? tertarik dgn Mandriva ?? udahh... sikat aja... hehe...

Jika Sobat mau mendownload 'Menginstal Linux Mandriva' dalam format .ppt (presentasi), Silakan Download disini !!

Sekian dulu dari mamad.. ... eh, jangan lupa komen yaa...
Wassalam..











41 comments:

nowGoogle.com Adalah Multiple Search Engine Popular said...

Pake Dual Boot.. ajah enak.. ehehe :h:

info teknologi komputer said...

buset...tutorial nya lengkap banget :c:

mamaders said...

:h: :m: :n:

SyahidaComputer said...

Ku juga sudah dual boot, sebenernya pingin juga pake mandriva cuman belon punya cd nya. Tapi mantab Shob tutornya lengkap bangetz ....

akhatam said...

Wah keren juga tuh pake mandriva...

bolang said...

wah, mantap neh sob, tutorialnya lengkap bgt :f:

Unknown said...

wah...itu fullversi ya??
emh...sayang ane ga pake linux.
sip..postingannya :n:

yayan said...

bisa bantu tux dapetin cd mandriva nya ga?
CARA MEMBUAT BLOG GRATIS

Rival Aditya said...

wah mantab gan infonya... thx's yach dh mampir ke blog jelex aq

mamaders said...

:e: :h: :n:

infoaneh said...

keren sob............:n:

aku aja said...

halo soobatttttttttttttt

Prie said...

alhamdulillah dapat artikel mengenai mandriva ...
mas,mas, hari ini saya lagi apes, kisahnya tadi pagi iseng-iseng saya beli majalah linux edisi bulan maret dan kebetulan ada bonus dvd mandriva 2010, dan iseng-iseng lagi (ini kesalahan fatal) saya yang awam banget soal linux mencoba nginstal dvd tadi ke laptop yang sudah ada system windows (saya pikir nginstallnya kayak windows aja), klik next klik next, sampai pada item 9 partisi tetap saya klik next. instalasi sukses.. . tapi masya Allah file data dalam harddisk saya hilang semua (300 GB saya bagi 3 partisi) :d: :d: :d:
tolongin saya mas ..... :a:

Prie said...

Wah alhamdulillah, artikel mas sangat bermanfaat. Hari ini saya lagi apes mas, iseng-iseng saya beli majalah linux edisi maret 2010 dan ada bonus dvd mandriva linux 2010, dan iseng-iseng lagi trus saya coba install dilaptop (padahal baru kali pertama saya coba pake linux), karena ceroboh dan saya pikir seperti nginstall windows, saya klik next klik next, sampai pada item 9 partisi, tetap saya klik next.
Instalasi sukses, tapi masya Allah, hardisk 300 GB yang asalnya saya bikin 3 partisi ludes dimakan linux. Data hilang semua, :d: :d: :d:
tolong mass ....... pusing saya, semoga ada hikmahnya ..

Prie said...

alhamdulillah dapat artikel mengenai mandriva ...
mas,mas, hari ini saya lagi apes, kisahnya tadi pagi iseng-iseng saya beli majalah linux edisi bulan maret dan kebetulan ada bonus dvd mandriva 2010, dan iseng-iseng lagi (ini kesalahan fatal) saya yang awam banget soal linux mencoba nginstal dvd tadi ke laptop yang sudah ada system windows (saya pikir nginstallnya kayak windows aja), klik next klik next, sampai pada item 9 partisi tetap saya klik next. instalasi sukses.. . tapi masya Allah file data dalam harddisk saya hilang semua (300 GB saya bagi 3 partisi) :d: :d: :d:
tolongin saya mas ..... :a:

Aan said...

sya coba instal di kom sya kok dak bsa booting CD nya sih ? pd hal bios sudah sya 1st boot kan , gimana yhaaaaaaaaa :k::k::k::k::k:

layau said...

@:prie:
ga bisa lagi mas, itu sama ja dgn dellete semua isi hardisk mas,..
lanjutin aja, mandriva ga kalah keren koq dari xp smua wd lengkap di mandriva.:e:

saya pengguna mandriva sepenuhnya, satu-satunya sistem operasi saya,.

mandriva memang mantabh :n:

Anonymous said...

mantab gan

nice share
ane lagi ada tugas kul nih and ane bahas mandriva :h:

Anonymous said...

ane angga :

mandriva ma xp lebih nyaman mana siiee???
:h:

Anonymous said...

hmm artikelnya mantap neh ... tpi klo mandriva versi brunya skrg apa y ...??? :m:

Bangun jaya Arsitektur said...

yoo a nih commentnya bang mamat..thanks banget postingannye,buat ane yg baru mulai mau coba pake neh os...sangat bantu banget..

shella said...

terimakasiiih om :k:
semoga amal dan ibadahnya diterima :a:
ijin sedot ya buat tugas presentasi:f:

Anonymous said...

gan saia mo tnya .,. klw mandriva di instal di kom xp.., apakah semua amplikasi xp masuk smua k mandriva.,.,

trus saia pernah denger klw linux itu ga smua amplikasi masuk/bisa di instal.,.,??

wahyoeyupz@gmail.com

Anonymous said...

ane lupa gan.,., 1 lagi.,., ane pgen gabungin mandriva ma xp ane.,

apakah kemakan ram kom ane.,,. atau ram jlan sndri2 klw buka xp to mandriva., tanpa ada sangkut pautnya ma yg satu yg ga kebuka..,, mhon penerangan'y./.


wahyoeyupz@gmail.com

Anonymous said...

:a:

Catatan Daun said...

Mas postin cara instal Mandirva linux 2010 donk biar lengakap gtu

nurul said...

top markotop

JAGO said...

Thank's kk, artikelnya sangat bermanfaat buat ane yang ingin bermigrasi ke linux,,

Anonymous said...

assalamualaikum , kl blh nanya , saya kan punya windows 7 , kl kta install mandriva , psti konflik , gmna cara nya yah ? jd 1 pc isi 2 os , thanks , wasalam

Anonymous said...

halo saya suka artikelnya karena ada gbr2nya soalnya masih awam dgn linux. Mandriva nya bisa dibuat dual boot dengan windows 7? yang memang sudah ada di komputer. oh ya link downloadnya ada masalah tuh. Terima kasih

DAEMON CHROME said...

thanks petunjuknya friends.......!

Anonymous said...

halo, link download mandrivanya ga bisa tuh...dicari ke situs laen jadi bingung karena sampe 3 CD, sementara tutorial Anda cuma 1 CD. Link downloadnya ke Indowebster aja ya biar cepat. Terima kasih.

Anonymous said...

nyoba Mandriva ah :h:

Fauzi rahman said...

gan,,kalo tadinya OS win7 ultimate
mw instal linux mandriva gmn?
apa harus pake virtualbox?

email aja yee

zeeoko@gmail.com

Anonymous said...

Mangtaaaaaaaaaaaaaap Mas Brow :h:

Rizal vm said...

Saya baru mau install Mandriva Gan, tp sllu minta Floppy Disk .... Bisa bantu gk Gan ?? masa laptop d pasang'n Floppy ... mhon jwabannya

tria said...

top bgt

Unknown said...

Bisa Jadi Judul Laporan nih :V

yanmaneee said...

yeezy supply
curry 4 shoes
supreme outlet
adidas ultra boost
jordan shoes
nike off white
balenciaga
jordan 13
nike shox for men
kevin durant shoes

Shoaib Boss said...

Thank you for your time and effort and also for the depth of your posts.
the information you provide.
It's nice to come across a blog that doesn't repeat the same old things every time.
I really liked this book!
I've bookmarked your site and added your RSS feeds to my subscriptions.
A Google account is required to use this service.
foxit phantompdf license key
wondershare pdfelement crack
microsoft office 2020 crack
photopad image editor crack
winrar crack

Unknown said...

f0z72q6c55 y6d14u4f14 r0u95k7o47 q5d97g1q01 p3m20r6p43 a3p08b9w88

Post a Comment

Tips-Trik Maksimalkan Windows?
Klik di sini