Thursday, January 7, 2010

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer merupakan gabungan antara teknologi komputer dan teknologi komunikasi. Gabungan teknologi ini melahirkan pengolahan data yang dapat didistribusikan, mencakup pemakaian database, software aplikasi dan perangkat hardware secara bersamaan.

Terdapat beberapa topologi jaringan yang berkembang hingga saat sekarang, salah satunya LAN ( Local Area Network ). LAN merupakan rancangan dasar jaringan komputer terdiri dari 2 buah komputer atau lebih, yg terletak pada beberapa tempat terpisah dan tidak terlalu jauh, misal di rumah, kantor, lingkungan sekolah, kampus, dll.

LAN menyediakan komunikasi berkecepatan tinggi mencapai 100 Mbps. Dengan bantuan protokol komunikasi, NIC ( Network Interface Card ) atau dikenal LAN Card, hub dan kabel ethernet , masing-masing node komputer dapat saling mengakses dan berkomunikasi, berbagi sumber daya file atau folder, printer, CD ROM atau DVD ROM, koneksi Internet, dll..


7 comments:

Indahnya Berbagi said...

terimakasih infox!

sukses terus tuk anda

Wandhe Fadilah said...

waw!!!!!!!!!!!!!!,, hahahahha
tkj yah???
lam kenal yh,

akhatam said...

Wah ilmu bermanfaat...

secangkir teh dan sekerat roti said...

salam hangat sob!

topologi jaringan memang rumit, hehe

Oemar said...

Emmm.. hanya saran saja nieh.. sebaiknya kata hub disitu diganti dengan switch.. soalnya hub dan switch itu berbeda... hub hanya mampu sampai 10 Mb, dan kalau switch baru bisa sampai 100 Mb.. hanya saran saja sob..

mamad said...

OOuwh.... thx, sob... atas sarannya..
sbg info baru jga neeh, bwt kuw....
hehe..

Anonymous said...

oke bgt .. walau baru llus d3 tkj nie mbantu skripsiku

Post a Comment

Tips-Trik Maksimalkan Windows?
Klik di sini